Tentang Buah Tin

Tentang Buah Tin

اَلتِّيْن
At Tin: Buah Tin

وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِ ﴿التين:١
wattiini waz zaituun
1. Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, [1]

وَطُوْرِ سِيْنِيْنَ ﴿التين:٢
watuuri siiniin
2. demi Gunung Sinai, [2]

وَهٰذَا الْبَلَدِ الْأَمِيْنِ ﴿التين:٣
wahaadzal baladil amiin
3. dan demi negeri (Mekah) yang aman ini;

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ ﴿التين:٤
laqod kholaqnal insaana fii ahsani taqwiim
4. Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,

ثُمَّ رَدَدْنٰهُ أَسْفَلَ سٰفِلِيْنَ ﴿التين:٥
tsumma rodadnaahu asfala saafiliin
5. kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,

إِلَّا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ الصّٰلِحٰتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُوْنٍ ﴿التين:٦
illal ladziina aamanuu wa’amilus shoolihaati falahum ajrun ghoiru mamnuun
6. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya,

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّيْنِ ﴿التين:٧
famaa yukadzdzibuka ba’du bid diin
7. Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) hari pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu?

أَلَيْسَ اللهُ بِأَحْكَمِ الْحٰكِمِيْنَ ﴿التين:٨
alaisalloohu bi-ahkamil haakimiin
8. Bukankah Allah hakim yang paling adil?

Tentang Buah Tin

Ada lebih dari 1.000 spesies tin yang ditemukan di setiap hutan hujan besar, benua tropis, dan pulau di seluruh dunia. 

Pengertian Buah Tin menurut Wikipedia:

Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama “Tin” diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama “Ara” (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; “pohon ara umum”), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama, yaitu Ficus.

BUAH TIN PURPLE YORDAN, PY

Manfaat Buah Tin

Buah tin menurut banyak orang disebut dengan buah surga, selain karena kandungan dan manfaatnya, juga karena buah tin disebut oleh Allah Azza Wajalla dalam Quran, Rasulullah Sholalahu Alayhi Wasalam pun beberapa kali menyebut tin dalam hadits.

Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak).
buah tin kaya serat dan sumber yang baik dari beberapa mineral penting, termasuk magnesium, mangan, kalsium (yang meningkatkan kepadatan tulang), tembaga, dan kalium (yang membantu menurunkan tekanan darah ), serta vitamin, terutama K dan B6.

Selain menjaga lebih lama, nilai gizi buah tin meningkat ketika mereka dikeringkan. Setengah cangkir buah tin segar, misalnya, menyediakan kalsium sebanyak satu setengah cangkir susu, tetapi satu buah tin kering mengandung hampir sebanyak kalsium seperti telur. Entah segar atau kering, buah tin mengandung antioksidan kuat yang menetralisir radikal bebas dalam tubuh Anda dan melawan penyakit.

Tin memasok sejumlah serat makanan yang sehat, yang menjaga sistem Anda tetap teratur dan mungkin memiliki efek positif pada manajemen berat badan. Menurut sebuah penelitian, buah dengan kandungan serat paling banyak termasuk apel, kurma, buah tin, pir, dan plum, dan ada pengurangan 34% risiko kanker payudara di kalangan wanita yang mengonsumsi serat buah paling banyak, dibandingkan dengan mereka yang memakan paling sedikit.

Obat tradisional di seluruh dunia telah memanfaatkan buah tin sebagai obat pada tumor, kutil, dan luka. Buah dan daun telah dilumatkan dan dibilas untuk meredakan sakit tenggorokan. Ekstrak ara dan buah tin kering telah ditemukan mengandung bahan yang melindungi jantung, mengatur fungsi ginjal dan hati, menurunkan tekanan darah, menurunkan degenerasi makula, dan menghambat beberapa kanker, khususnya pasca menopause kanker payudara.

Di beberapa budaya, daun pohon hampir sama pentingnya dengan buah, bukan hanya karena apa yang mereka tambahkan ke masakan bergaya Mediterania, tetapi karena manfaat unik yang berhubungan dengan kesehatan yang mereka tawarkan. Ini termasuk kemampuan mereka untuk mengatur kadar gula darah, karena penelitian menunjukkan mereka mengandung sifat yang benar-benar dapat mengurangi jumlah insulin yang dibutuhkan oleh penderita diabetes.

Namun, hendaknya mengkonsumsi buah tin dalam jumlah sedang karena mengandung fruktosa yang dapat membahayakan kesehatan Anda dalam jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Kandungan Nutrisi Buah Tin

Figs Nutrition Facts

Serving Size: 3.5 ounces (100 grams), raw

Amt. Per
Serving
% Daily
Value*
Calories74
Calories from Fat3
Total Fat0 g0%
Saturated Fat0 g0 %
Trans Fat  
Cholesterol0 mg0%
Sodium1 mg0%
Total Carbohydrates19 g6%
Dietary Fiber3 g12%
Sugar16 g
Protein1 g
Vitamin A 3%Vitamin C3%
Calcium 4%Iron2%

*Percent Daily Values are based on a 2,000 calorie diet. 

Hasil Studi Tentang Buah Tin

Fitokimia alami dengan sifat sitotoksik yang kuat yang diisolasi dari ficus carica, serta kedelai, diidentifikasi dalam satu penelitian sebagai memiliki efek penghambatan pada proliferasi berbagai jalur sel kanker.

Dalam penelitian lain, varietas tin Dottato diperiksa untuk menilai aktivitas antioksidan, kanker, dan fototoksik yang unik pada sel melanoma. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kultivar tin ini dapat menjadi sumber yang sangat baik dari senyawa bioaktif seperti phenolic, coumarin, dan asam lemak. Studi ini menawarkan perspektif baru dalam mengembangkan formulasi tin yang mengandung potensi bermanfaat dalam mengobati kanker kulit non-melanoma.

Dibandingkan dengan makanan lain, buah tin ditemukan menjadi salah satu yang paling padat dalam antioksidan fenolik dan nutrisi, sebagian besar serat, dalam penelitian tentang jumlah dan kualitas antioksidan fenol dalam buah-buahan kering dan segar.

Buah tin dan buah prem kering memiliki skor nutrisi tertinggi di anttinbuah-buahan kering dalam uji coba beberapa orang yang mengkonsumsinya dengan minuman berkarbonasi.

Para ilmuwan melaporkan bahwa antioksidan tindapat memperkaya lipoprotein dalam plasma, melindungi mereka dari oksidasi berikutnya, menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kapasitas antioksidan plasma selama empat jam setelah konsumsi dan mengatasi stres oksidatif mengkonsumsi sirup jagung fruktosa tinggi dalam minuman ringan berkarbonasi.

Kesimpulan studi adalah bahwa 1) buah tin padat dalam antioksidan dan nutrisi fenol, terutama serat; 2) mereka mengandung antioksidan kuat (ketika mereka dimakan); 3) buah kering menghasilkan kurang dari 1 persen buah yang dikonsumsi oleh kebanyakan orang Amerika; dan 4) buah kering harus dimakan lebih sering karena temuan ini.

Para ilmuwan yang mempelajari efek “tin lateks” segar pada garis sel kanker perut menemukan bahwa lateks bertindak sebagai zat antikanker tanpa efek beracun pada sel normal. Dalam percobaan lain, buah tin kering ditimbang ke dalam 1 ml air suling selama 3 bulan. Setelah air dikeringkan, ditemukan bahwa bubuk getah pohon tin masih mempertahankan sifat antikankernya.Hasilnya menunjukkan bahwa buah tin, kering atau segar adalah bahan yang mungkin untuk membantu mengobati kanker perut.

Jenis-jenis Tin

Seperti telah disebutan sebelumnya bahwa varietas buah tin di dunia lebih dari 1000 jenis, sebagian besar sudah bisa kita temukan di Indonesia, karena banyak kolektor buah tin yang telah mengoleksi ratusan jenis tin di Indonesia, bila ingin berkenalan dengan mereka, kita bisa bergabung dengan grup pecinta tin di facebook.

Berikut pembagian tin secara dasar, rasa, bulir dan warna kulit:

pembagian tin menurut rasa

pengelompokan tin berdasarkan rasa

Sumber : https://mountainfigs.net/mountain-figs/8-basic-fig-flavor-pulp-skin-color-modes/

Daftar Varietas Tin dunia beserta pembahasannya bisa anda cek secara lengkap di http://ucanr.edu/datastoreFiles/391-296.pdf, ini merupakan kamus lengkap bagi pecinta tin.

 

 

No comments.